Nama Sekolah : SLB Ciremai Kasih Majalengka
Satuan Pendidikan : SMALB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Kelas/ Semester : XII / I
Tema/Sub tema : Kegiatan / Bekerja Sama
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2016/2017
A. Kompetensi
Inti
1
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Memiliki perilaku
jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, tema, guru dan tetangganya
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (
mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di sekolah dan tempat bermain
|
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berahlak mulia.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
IPS
|
3.2
Memahami
kegiatan manusia dalam hubungannya dengan kondisi (geografis, kelembagaan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya) dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam pada masa perjuangan mengisi kemerdekaan
|
3.2.1
Meyebutkan
kegiatan yang dilakukan saat bertanam padi
|
4.2
Menceritakan
kegiatan manusia dalam hubungannya dengan kondisi (geografis, kelembagaan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya) dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam pada masa perjuangan mengisi kemerdekaan.
|
4.2.1
Mensimulasikan
cara menanam padi
|
|
MTK
|
3.1 Memahami operasi hitung bilangan asli (Penjumlahan) dalam
pemecahan masalah pada kehidupan sehar-hari
|
3.1.1
Menunjukan
tanda penjumlahan pada kalkulator
|
4.1 Menghitung operasi hitung bilangan asli (Penjumlahan)
dalam pemecahan masalah pada kehidupan sehari-hari
|
4.1.1
Menyelesaikan
operasi hitung penjumlahan dengan hasil maksimal 20 menggunakan kalkulator
|
|
PJOK
|
3.1
Mengetahui
prosedur variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif dalam permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi
|
3.2.1
Menyebutkan
gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan
|
4.1
Mempraktikan
variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
dalam permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi sesuai dengan
kemampuan
|
4.1.1
Mensimulasikan
gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan
|
C. Materi pelajaran
1. Menanam
Padi
Musim penghujan sudah tiba.
Pak Surya sedang mencangkul di sawahnya.
Setelah dicangkul kemudian diratakan.
Keesokan harinya, pak surya menanam padi.
Padi ditanam ditiap petak sawah dengan
teratur.
Setelah padi berusia sekitar dua minggu .
pak Surya memupuknya agar padinya bertumbuh subur.
2. Gerakan menanam padi
a. Mencangkul
Mencangkul
dapat menggerakan tangan dengan
cara diayunkan dengan posisi badan tegak dan membungkuk dilakukan
berulang-ulang.
b. Meratakan tanah sawah
Meratakan dapat menggerakan tangan dengan cara memaju dan
mundurkan tangan secara berulang-ulang
c. Menanam
Menanam dapat menggerakan kaki dengan cara mundur secara
berulang dengan posisi badan membungkuk
d. Memupuk
Memupuk dapat meggerakan tangan dan kaki. Tangan diayunkan untuk menaburkan
pupuk sedangkan kaki berjalan maju terus.
3. Cara Menanam Padi
a. Mencangkul
b. Meratakan tanah
c. Menanam padi
d. Memupuk
4. Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan
menggunakan kalkulator
Mengenal tanda tambah ( + ) pada operasi penjumlahan
Mengoperasikan bilangan penjumlahan
dengan menggunakan kalkulator, dengan hasil maksimal 20
1. 3 + 2 =
2.
4 + 3 =
3. 5 + 4 =
4. 5 + 5 =
5. 6 + 6 =
D.
Metode/
Model Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Simulasi
4.
Penugasan
5.
Demonstrasi
E. Media / alat, bahan dan sumber belajar
1. Media :
- Gambar
-
Balok tanda penjumlahan
2. Alat
dan bahan :- Cangkul-cangkulan
-
Topi
-
Samping
-
Alat untuk meratakan tanah
-
Stearofoam
-
Padi-padian
-
Kalkulator
3. Sumber belajar : - Bahan ajar untuk
kelas XII tunagrahita
- Internet
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik menjawab
salam dari guru
2.
Peserta didik dibimbing
untuk berdo’a bersama-sama
3.
Mengecek kehadiran peserta didik dan bertanya kepada Peserta didik mengenai keadaan mereka sebelum pembelajaran dilaksanakan.
4.
Peserta
didik diberikan motivasi dan
mengarahkan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
5.
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan
6.
Peserta didik dan guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan sarapan pagi.
|
10 Menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Peserta didik
mendengarkan cerita yang dibacakan guru
Menanam Padi
Musim penghujan sudah tiba.
Pak Surya sedang mencangkul di sawahnya.
Setelah dicangkul kemudian diratakan.
Keesokan harinya, pak surya menanam padi.
Padi ditanam ditiap petak sawah dengan
teratur.
Setelah padi berusia sekitar dua minggu .
pak Surya memupuknya agar padinya bertumbuh subur.
2.
Peserta didik dan guru
melakukan tanya jawab tentang cerita yang telah dibacakan guru
3.
Disajikan gambar, peserta didik menyebutkan gambar
yang telah ditayangkan mengenai cara menanam padi
a. Mencangkul
b. Meratakan tanah
c. Menanam padi
d. Memupuk
4.
Peserta didik
mensimulasikan gerakan-gerakan yang berkaitan dengan gambar
a.
Mensimulasikan gerakan
membungkuk
b.
Mensimulasikan gerakan
tegak
c.
Mensimulasikan gerakan
maju
d.
Mensimulasikan gerakan
mundur
e.
Mensimulasikan gerakan
mengayunkan tangan
5.
Peserta didik
memperhatikan guru yang sedang memperjelas gerakan menanam padi dengan cara
didemonstrasikan oleh guru
6.
Peserta didik dan guru
melakukan tanya jawab mengenai gerakan-gerakan yang telah disimulasikan
7.
Peserta didik mensimulasikan
cara menanam padi
8.
Peserta didik menghitung
padi yang telah ditanam
9.
Peserta didik menyebutkan
tanda yang digunakan dalam operasi penjumlahan
10. Peserta didik menjumlahkan padi yag telah ditanam menggunakan kalkulator
1.
3 + 2 =
2.
4 + 3 =
3.
5 + 4 =
4.
5 + 5 =
5.
6 + 6 =
11.
12. Peserta didik mengumpulkan lembar kerja
13. Peserta didik dan guru mendiskusikan hasil lembar kerja yang telah di isi
|
60 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Peserta
didik dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Peserta
didik mendengarkan saran yang di sampaikan guru
untuk mempelajari kembali dirumahnya
3.
Peserta didik dan guru melakukan evaluasi
4.
Peserta
didik ditugaskan untuk belajar bersama orang tua
dirumah dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya
5.
Peserta didik dan guru mengkondisikan kembali keadaan kelas
6.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
7.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a dan mengucapkan salam
|
10 menit
|
G. Penilaian Pembelajaran, Remidial dan pengayaan
1. Teknik penilaian
Teknik penilaian sikap : Observasi
Teknik penilaian pengetahuan : Lisan dan tertulis
Teknik penilaian keterampilan : Praktek
Instrumen penilaian : Terlampir
2. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan jika peserta
didik dalam penilaian pengetahuan dan keterampilan mendapat kriteria di bawah
KKM
3. Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilaksanakan jika
peserta didik dalam penilaian pengetahuan dan keterampilan mendapat kriteria di atas KKM
Mengetahui, Majalengka,
Oktober 2016
Kepala
Sekolah Guru Kelas,
………………………….. …………………………
NIP
: NIP : ……………………
LAMPIRAN
1.
Penilaian sikap
Penilaian sikap dilakukan secara observasi selama proses pembelajaran
No
|
Nama Peserta didik
|
Sikap
|
||
Kerja sama
|
Percaya diri
|
Bertanggung jawab
|
||
1
|
Ayu Nurmalasari
|
|||
2
|
Ayu Salma
|
|||
3
|
Virna
|
Rubrik
penilaian sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
Sangat Baik ( SB)
|
(Baik) B
|
Perlu Bimbingan(PB)
|
||
1
|
Kerja sama
|
Mau bekerja sama
dalam kegiatan sehari-hari
|
Kadang-kadang mau bekerja sama dalam kegiatan
sehari-hari
|
Tidak mau bekerja sama dalam kegiatan sehari-hari
|
2
|
Percaya diri
|
Tidak malu-malu dalam melakukan kegiatan
|
Kadang malu-malu dan ragu dalam melakukan kegiatan
|
Selalu malu dalam melakukan kegiatan
|
3
|
Bertanggung jawab
|
Mau melaksanakan
tugas
|
Kadang-kadang tidak melaksanakan tugas
|
Jarang melaksanakan tugas
|
2.
Penilaian pengetahuan
IPK
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator soal
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
No soal
|
IPS
Meyebutkan kegiatan yang dilakukan saat bertanam
padi
|
Cara menanam padi
|
Disajikan
gambar cara menanam padi peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan kegiatan mencangkul
2.
Menyebutkan kegiatan meratakan tanah sawah
3.
Menyebutkan kegiatan menanam
4.
Menyebutkan kegiatan memupuk
|
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
|
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
|
1
2
3
4
|
PJOK
Menyebutkan gerakan maju,mundur, membungkuk dan
menegakan badan
|
Menanam padi
|
1.
Dapat menyebutkan gerakan maju
2.
Dapat menyebutkan gerakan mundur
3.
Dapat menyebutkan gerakan membungkukan badan
4.
Dapat menyebutkan gerakan menegakan badan
5.
Dapat menyebutkan gerakan mengayunkan tangan
|
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
|
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
|
5
6
7
8
9
|
Matematika
Menunjukan tanda penjumlahan pada kalkulator
|
Disediakan
kalkulator peserta didik dapat:
Menunjukan
tanda penjumlahan pada kalkulator
|
Lisan
|
Daftar pertanyaan
|
10
|
Lembar soal pengetahuan
Daftar Pertanyaan
Jawablah dengan lisan !
Diperlihatkan gambar
1.
Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar
?
2.
Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar
?
3.
Kegiatan apa yang sedang dilakukan
pada gambar ?
4.
Kegiatan apa yang sedang dilakukan
pada gambar ?
Didemonstrasikan :
5.
( Gerakan maju ) gerakan apa yang
telah dipraktekan tadi ?
6.
( Gerakan mundur ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
7.
( Gerakan membungkuk ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
8.
( Gerakan menegakan badan ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
9.
( Gerakan mengayunkan tangan ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi?
10.
Tunjukan mana tanda yang digunakan
dalam operasi penjumlahan !
Format penilaian pengetahuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang skor
|
Skor perolehan
|
Nilai
|
1
|
IPS
1. Menyebutkan kata mencangkul
2. Menyebutkan kata meratakan tanah
3. Menyebutkan kata menanam
4. Menyebutkan kata memupuk
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
16
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
||||
2
|
PJOK
5. Menyebutkan gerakan maju
6. Menyebutkan gerakan mundur
7. Menyebutkan gerakan membungkuk
8. Menyebutkan gerakan menegakan badan
9. Menyebutkan gerakan mengayunkan tangan
|
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
20
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
||||
3
|
Matematika
10. Menunjukan tanda penjumlahan ( + )
|
1-4
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
4
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
Rubrik
Penilaian:
Skor 4= Dapat
menjawab benar tanpa bimbingan
Skor 3 = Dapat
menjawab dengan benar sedikit bimbingan
Skor 2 = Dapat
menjawab dengan benar banyak bimbingan
Skor 1 = Tidak
dapat menjawab atau diam
|
3.
Penilaian keterampilan
IPK
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator soal
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
No soal
|
PJOK Mensimulasikan gerakan
maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan
|
Gerakan menanam padi
|
Peserta
didik dapat mensimulasikan gerakan menanam padi
|
Praktik
|
Daftar perintah
|
1
|
IPS
Mensimulasikan cara menanam padi
|
Cara menenam padi
|
Peserta
didik dapat mensimulasikan cara menanam padi
|
Praktik
|
Daftar perintah
|
2
|
Matematika Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dengan
menggunakan kalkulator
|
Menyelesaikan operasi hitung
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan operasi
hitung penjumlahan menggunakan kalkulator:
Soal
|
Tertulis
|
Jawaban singkat
|
3
|
Lembar soal keterampilan
1. Coba lakukan gerakan maju , mundur, membungkuk
, menegakan badan dan mengayunkan tangan !
2. Coba simulasikan cara menanam padi !
3. Coba selesaikan operasi hitung penjumlahan ini
!
Format penilaian keterampilan
Nama :
Kelas :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang skor
|
Skor perolehan
|
Nilai
|
1
|
PJOK
1. Gerakan maju
2. Gerakan mundur
3. Gerakan membungkuk
4. Gerakan menegakan badan
5. Gerakan mengayunkan tangan
|
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
20
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
||||
2
|
IPS
1. Mencangkul
2. Meratakan tanah
3. Menanam
4. Memupuk
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
16
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
||||
3
|
Matematika
Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan menggunakan
kalkulator
1.
3 + 2 =
2.
4 + 3 =
3.
5 + 4 =
4.
5 + 5 =
5.
6 + 6 =
|
0-1
0-1
0-1
0-1
0-1
|
Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
|
|
Jumlah skor maksimal
|
5
|
|||
Jumlah skor perolehan
|
Rubrik Penilaian Keterampilan PJOK
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Gerakan maju
|
Melakukan gerakan maju dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan maju dengan benar tapi
ragu-ragu
|
Melakukan gerakan maju dengan benar tetapi
dengan sedikit arahan
|
Tidak melakukan gerakan maju
|
2
|
Gerakan mundur
|
Melakukan gerakan mundur dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan mundur dengan benar tapi
ragu-ragu
|
Melakukan gerakan mundur dengan sedikit
arahan
|
Tidak melakukan gerakan mundur
|
3
|
Gerakan membungkuk
|
Melakukan gerakan membungkuk dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan membungkuk dengan benar
tapi ragu-ragu
|
Melakukan gerakan membungkuk dengan sedikit
arahan
|
Tidak melakukan gerakan membungkuk
|
4
|
Gerakan menegakan badan
|
Melakukan gerakan menegakan badan dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan menegakan badan dengan
benar tapi ragu-ragu
|
Melakukan gerakan menegakan dengan sedikit arahan
|
Tidak melakukan gerakan menegakan
|
5
|
Gerakan mengayunkan tangan
|
Melakukan gerakan mengayunkan tangan
dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan mengayunkan tangan dengan
benar tapi ragu-ragu
|
Melakukan gerakan mengayunkan tangan
dengan sedikit arahan
|
Tidak melakukan gerakan mengayun-kan tangan
|
Rubrik Penilaian Keterampilan IPS
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Mencangkul
|
Melakukan gerakan mencangkul dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan mencangkul dengan benar
tapi sedikit ragu-ragu
|
Melakukan gerakan mencangkul dengan sedikit
arahan
|
Tidak dapat melakukan gerakan mencangkul
|
2
|
Meratakan
|
Melakukan gerakan meratakan dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan meratakan dengan benar
tapi sedikit ragu-ragu
|
Melakukan gerakan meratakan dengan sedikit
arahan
|
Tidak dapat melakukan gerakan meratakan
|
3
|
Menanam
|
Melakukan gerakan menanam dengan benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan menanam dengan benar tapi
sedikit ragu-ragu
|
Melakukan gerakan menanam dengan sedikit
arahan
|
Tidak dapat melakukan gerakan meratakan
|
4
|
Memupuk
|
Melakukan gerakan memupuk dengan
benar dan percaya diri
|
Melakukan gerakan memupuk dengan benar tapi sedikit ragu-ragu
|
Melakukan gerakan memupuk dengan sedikit
arahan arahan
|
Tidak dapat melakukan gerakan memupuk
|
Rubrik Penilaian Keterampilan Matematika
No
|
Kriteria
|
1
|
0
|
1
|
Menyelesaikan operasi penjumlahan
1. 3 + 2 =
2. 4 + 3 =
3. 5 + 4 =
4. 5 + 5 =
5. 6 + 6 =
|
Menyelesaikan operasi penjumlahan dengan isi
yang benar
|
Menyelesaikan operasi penjumlahan dengan isi
yang salah
|
4.
Analisis
hasil penilaian
No
|
Nama peserta didik
|
Nilai (Ph)
|
IPK belum tuntas
|
IPK sudah tuntas
|
Tindak lanjut
|
5.
Program penilaian dan remedial
No
|
Nama peserta didik
|
IPK
|
Pengayaan / remedial
|
Rencana kegiatan
|
Silahkan berikan tanggapan untuk "RPP Tematik tunagrahita kelas XII"
Post a Comment