Read More

RPP Tematik tunagrahita kelas XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             :  SLB Ciremai Kasih Majalengka
Satuan Pendidikan      :  SMALB
Jenis Kelainan             :  Tunagrahita Sedang
Kelas/ Semester           :   XII / I
Tema/Sub tema           :   Kegiatan / Bekerja Sama
Pembelajaran ke          :   1
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
Tahun Pelajaran           :  2016/2017

A.      Kompetensi Inti
1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2
Memiliki  perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, tema, guru dan tetangganya
3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di sekolah dan tempat bermain
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.




B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
IPK
IPS
3.2      Memahami kegiatan manusia dalam hubungannya dengan kondisi (geografis, kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya) dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam pada masa perjuangan mengisi kemerdekaan
3.2.1    Meyebutkan kegiatan yang dilakukan saat bertanam padi 
4.2      Menceritakan kegiatan manusia dalam hubungannya dengan kondisi (geografis, kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya) dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam pada masa perjuangan mengisi kemerdekaan.
4.2.1   Mensimulasikan cara menanam padi
MTK
3.1  Memahami operasi hitung bilangan asli (Penjumlahan) dalam pemecahan masalah pada kehidupan sehar-hari
3.1.1        Menunjukan tanda penjumlahan pada kalkulator
4.1  Menghitung operasi hitung bilangan asli (Penjumlahan) dalam pemecahan masalah pada kehidupan sehari-hari
4.1.1        Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dengan hasil maksimal 20 menggunakan kalkulator
PJOK
3.1    Mengetahui prosedur variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi
3.2.1    Menyebutkan gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan

4.1    Mempraktikan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan
4.1.1    Mensimulasikan gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan
C.      Materi pelajaran
1.     Menanam Padi

Musim penghujan sudah tiba.
Pak Surya sedang mencangkul di sawahnya.
Setelah dicangkul kemudian diratakan.
Keesokan harinya, pak surya menanam padi.
Padi ditanam ditiap petak sawah dengan  teratur.
Setelah padi berusia sekitar dua minggu .
pak Surya memupuknya agar padinya bertumbuh subur.


2.      Gerakan menanam padi
a.       Mencangkul
Mencangkul  dapat  menggerakan tangan dengan cara diayunkan dengan posisi badan tegak dan membungkuk dilakukan berulang-ulang.
b.      Meratakan tanah sawah
Meratakan dapat menggerakan tangan dengan cara memaju dan mundurkan tangan secara berulang-ulang
c.       Menanam
Menanam dapat menggerakan kaki dengan cara mundur secara berulang dengan posisi badan membungkuk
d.      Memupuk
Memupuk dapat meggerakan tangan dan kaki. Tangan diayunkan untuk menaburkan pupuk sedangkan kaki berjalan maju terus.
3.      Cara Menanam Padi
a.       Mencangkul
b.      Meratakan tanah
c.       Menanam padi
d.      Memupuk

4.      Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan menggunakan kalkulator
Mengenal tanda tambah ( + ) pada operasi penjumlahan
Mengoperasikan bilangan penjumlahan  dengan menggunakan kalkulator, dengan hasil maksimal 20
1.      3 + 2 =
2.      4 + 3 =
3.      5 + 4 =
4.      5 + 5 =
5.      6 + 6 =

D.      Metode/ Model Pembelajaran
1.        Ceramah
2.        Tanya jawab
3.        Simulasi
4.        Penugasan
5.        Demonstrasi  
E.       Media / alat, bahan dan sumber belajar
1.      Media                   : -   Gambar
-      Balok tanda penjumlahan
2.      Alat  dan bahan    :-    Cangkul-cangkulan
-          Topi
-          Samping
-          Alat untuk meratakan tanah
-          Stearofoam
-          Padi-padian
-          Kalkulator
3.      Sumber belajar      : -   Bahan ajar untuk kelas XII tunagrahita
-       Internet



F.       Kegiatan  Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik menjawab salam dari guru
2.      Peserta didik dibimbing untuk berdo’a bersama-sama
3.      Mengecek kehadiran peserta didik dan bertanya kepada Peserta didik mengenai keadaan mereka sebelum pembelajaran dilaksanakan.
4.     Peserta didik diberikan motivasi dan mengarahkan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
6.      Peserta didik dan guru melakukan apersepsi dengan menanyakan sarapan pagi.
10 Menit
Kegiatan inti
1.      Peserta didik mendengarkan cerita yang dibacakan guru
Menanam Padi

Musim penghujan sudah tiba.
Pak Surya sedang mencangkul di sawahnya.
Setelah dicangkul kemudian diratakan.
Keesokan harinya, pak surya menanam padi.
Padi ditanam ditiap petak sawah dengan  teratur.
Setelah padi berusia sekitar dua minggu .
pak Surya memupuknya agar padinya bertumbuh subur.
2.      Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab tentang cerita yang telah dibacakan guru
3.      Disajikan  gambar, peserta didik menyebutkan gambar yang telah ditayangkan mengenai cara menanam padi
a.       Mencangkul
b.      Meratakan tanah
c.       Menanam padi
d.      Memupuk
4.      Peserta didik mensimulasikan gerakan-gerakan yang berkaitan dengan gambar
a.       Mensimulasikan gerakan membungkuk
b.      Mensimulasikan gerakan tegak
c.       Mensimulasikan gerakan maju
d.      Mensimulasikan gerakan mundur
e.       Mensimulasikan gerakan mengayunkan tangan
5.      Peserta didik memperhatikan guru yang sedang memperjelas gerakan menanam padi dengan cara didemonstrasikan oleh guru
6.      Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab mengenai gerakan-gerakan yang telah disimulasikan
7.      Peserta didik mensimulasikan  cara menanam padi
8.      Peserta didik menghitung padi yang telah ditanam
9.      Peserta didik menyebutkan tanda yang digunakan dalam operasi penjumlahan
10.  Peserta didik menjumlahkan padi yag telah ditanam menggunakan kalkulator

1.      3 + 2 =
2.      4 + 3 =
3.      5 + 4 =
4.      5 + 5 =
5.      6 + 6 =
11.  Peserta didik mengisi lembar kerja yang diberikan guru dan guru membimbingnya
12.  Peserta didik mengumpulkan lembar kerja
13.  Peserta didik dan guru mendiskusikan hasil lembar kerja yang telah di isi
60 menit
Kegiatan akhir
1.         Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.         Peserta didik mendengarkan saran yang di sampaikan guru untuk mempelajari kembali dirumahnya
3.         Peserta didik dan guru melakukan evaluasi
4.         Peserta didik ditugaskan untuk belajar bersama orang tua dirumah dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya
5.         Peserta didik dan guru mengkondisikan kembali keadaan kelas
6.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
7.         Guru mengarahkan peserta didik untuk berdo’a dan mengucapkan salam
10 menit
G.    Penilaian Pembelajaran, Remidial dan pengayaan
1.      Teknik penilaian
Teknik penilaian sikap                        : Observasi
Teknik penilaian pengetahuan            : Lisan dan tertulis
Teknik penilaian keterampilan           : Praktek
Instrumen penilaian                            : Terlampir
2.      Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan jika peserta didik dalam penilaian pengetahuan dan keterampilan mendapat kriteria di bawah KKM
3.      Pengayaan
Pembelajaran pengayaan dilaksanakan jika peserta didik dalam penilaian pengetahuan dan keterampilan mendapat kriteria di atas KKM

Mengetahui,                                                   Majalengka,    Oktober 2016
Kepala Sekolah                                             Guru Kelas,                



…………………………..                             …………………………
NIP :                                                              NIP : ……………………



LAMPIRAN

1.        Penilaian sikap
Penilaian sikap dilakukan secara observasi selama proses pembelajaran
No
Nama Peserta didik
Sikap
Kerja sama
Percaya diri
Bertanggung jawab
1
Ayu Nurmalasari



2
Ayu Salma



3
Virna




Rubrik penilaian sikap
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Sangat Baik ( SB)
(Baik) B
Perlu Bimbingan(PB)
1
Kerja sama
Mau  bekerja sama dalam kegiatan sehari-hari
Kadang-kadang mau bekerja sama dalam kegiatan sehari-hari
Tidak mau bekerja sama  dalam kegiatan sehari-hari
2
Percaya diri
Tidak malu-malu dalam melakukan kegiatan
Kadang malu-malu dan ragu dalam melakukan kegiatan
Selalu malu dalam melakukan kegiatan
3
Bertanggung jawab
Mau  melaksanakan tugas
Kadang-kadang tidak melaksanakan tugas
Jarang melaksanakan tugas



2.        Penilaian pengetahuan
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator soal
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
No   soal
IPS
Meyebutkan kegiatan yang dilakukan saat bertanam padi 


Cara menanam padi

Disajikan gambar cara menanam padi peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan kegiatan mencangkul
2.      Menyebutkan kegiatan meratakan tanah sawah
3.      Menyebutkan kegiatan menanam
4.      Menyebutkan kegiatan memupuk




Lisan


Lisan



Lisan


Lisan




Daftar pertanyaan

Daftar pertanyaan


Daftar pertanyaan

Daftar pertanyaan





1


2



3


4


PJOK
Menyebutkan gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan


Menanam padi

1.      Dapat menyebutkan gerakan maju
2.      Dapat menyebutkan gerakan mundur

3.      Dapat menyebutkan gerakan membungkukan badan
4.      Dapat menyebutkan gerakan menegakan badan
5.      Dapat menyebutkan gerakan mengayunkan tangan

Lisan


Lisan



Lisan




Lisan




Lisan

Daftar pertanyaan

Daftar pertanyaan


Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan

5


6



7




8




9
Matematika
Menunjukan tanda penjumlahan pada kalkulator



Disediakan kalkulator peserta didik dapat:
Menunjukan tanda penjumlahan pada kalkulator

Lisan

Daftar pertanyaan

10




Lembar soal pengetahuan
Daftar Pertanyaan
Jawablah dengan lisan  !
Diperlihatkan gambar
1.       Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar ?




2.       Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar ?




3.       Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar ?



4.       Kegiatan apa yang sedang dilakukan pada gambar ?






Didemonstrasikan :
5.      ( Gerakan maju )  gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
6.      ( Gerakan mundur ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
7.      ( Gerakan membungkuk ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
8.      ( Gerakan menegakan badan ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi ?
9.      ( Gerakan mengayunkan tangan ) gerakan apa yang telah dipraktekan tadi?
10.   Tunjukan mana tanda yang digunakan dalam operasi penjumlahan !

Format penilaian pengetahuan

No
Aspek yang dinilai
Rentang skor
Skor perolehan
Nilai
1
IPS
1.      Menyebutkan kata mencangkul
2.      Menyebutkan kata meratakan tanah
3.      Menyebutkan kata menanam
4.      Menyebutkan kata memupuk

1-4

1-4

1-4

1-4



Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
16


Jumlah skor perolehan



2
PJOK
5.      Menyebutkan gerakan maju
6.      Menyebutkan gerakan mundur
7.      Menyebutkan gerakan membungkuk
8.      Menyebutkan gerakan menegakan badan
9.      Menyebutkan gerakan mengayunkan tangan

1-4

1-4

1-4

1-4

1-4


Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
20


Jumlah skor perolehan



3
Matematika
10.      Menunjukan tanda penjumlahan ( + )

1-4


Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
4


Jumlah skor perolehan




Rubrik Penilaian:
Skor 4= Dapat menjawab benar tanpa bimbingan
Skor 3 = Dapat menjawab dengan benar sedikit bimbingan
Skor 2 = Dapat menjawab dengan benar banyak bimbingan
Skor 1 = Tidak dapat menjawab atau diam
         
 









3.        Penilaian keterampilan

IPK
Materi Pembelajaran
Indikator soal
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
No   soal
PJOK Mensimulasikan gerakan maju,mundur, membungkuk dan menegakan badan

Gerakan menanam padi


Peserta didik dapat mensimulasikan gerakan menanam padi

Praktik

Daftar perintah

1
IPS
Mensimulasikan cara menanam padi

Cara menenam padi

Peserta didik dapat mensimulasikan cara menanam padi

Praktik

Daftar perintah

2
Matematika Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dengan menggunakan kalkulator

Menyelesaikan operasi hitung

Peserta didik dapat menyelesaikan  operasi hitung penjumlahan menggunakan kalkulator:
Soal


Tertulis  

Jawaban singkat  

3

Lembar soal keterampilan
1.      Coba lakukan gerakan maju , mundur, membungkuk , menegakan badan dan mengayunkan tangan !
2.      Coba simulasikan cara menanam padi !
3.      Coba selesaikan operasi hitung penjumlahan ini !
Format penilaian keterampilan

Nama        :
Kelas        :

No
Aspek yang dinilai
Rentang skor
Skor perolehan
Nilai
1
PJOK
1.    Gerakan maju
2.    Gerakan mundur
3.    Gerakan membungkuk
4.    Gerakan menegakan badan
5.    Gerakan mengayunkan tangan

1-4
1-4
1-4

1-4

1-4



Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
20


Jumlah skor perolehan



2
IPS
1.    Mencangkul
2.    Meratakan tanah
3.    Menanam
4.    Memupuk

1-4
1-4
1-4
1-4


Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
16


Jumlah skor perolehan



3
Matematika
Menyelesaikan  operasi hitung penjumlahan menggunakan kalkulator
1.      3 + 2 =
2.      4 + 3 =
3.      5 + 4 =
4.      5 + 5 =
5.      6 + 6 =






0-1
0-1
0-1
0-1
0-1


Jumlah skor perolehan x100
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
5


Jumlah skor perolehan







Rubrik Penilaian Keterampilan PJOK

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Gerakan maju
Melakukan gerakan maju dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan maju dengan benar tapi ragu-ragu
Melakukan gerakan maju dengan benar tetapi dengan sedikit arahan
Tidak melakukan gerakan maju
2
Gerakan mundur
Melakukan gerakan mundur dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan mundur dengan benar tapi ragu-ragu
Melakukan gerakan mundur dengan sedikit arahan
Tidak melakukan gerakan mundur
3
Gerakan membungkuk
Melakukan gerakan membungkuk dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan membungkuk dengan benar tapi ragu-ragu
Melakukan gerakan membungkuk dengan sedikit arahan
Tidak melakukan gerakan membungkuk
4
Gerakan menegakan badan
Melakukan gerakan menegakan badan dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan menegakan badan dengan benar tapi ragu-ragu
Melakukan gerakan menegakan  dengan sedikit arahan
Tidak melakukan gerakan menegakan
5
Gerakan mengayunkan tangan
Melakukan gerakan mengayunkan tangan  dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan mengayunkan tangan dengan benar tapi ragu-ragu
Melakukan gerakan mengayunkan tangan  dengan sedikit arahan
Tidak melakukan gerakan mengayun-kan tangan

Rubrik Penilaian Keterampilan IPS
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mencangkul
Melakukan gerakan mencangkul dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan mencangkul dengan benar tapi sedikit ragu-ragu
Melakukan gerakan mencangkul dengan sedikit arahan
Tidak dapat melakukan gerakan mencangkul
2
Meratakan
Melakukan gerakan meratakan dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan meratakan dengan benar tapi sedikit ragu-ragu
Melakukan gerakan meratakan dengan sedikit arahan
Tidak dapat melakukan gerakan meratakan
3
Menanam
Melakukan gerakan menanam dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan menanam dengan benar tapi sedikit ragu-ragu
Melakukan gerakan menanam dengan sedikit arahan
Tidak dapat melakukan gerakan meratakan
4
Memupuk
Melakukan gerakan memupuk  dengan benar dan percaya diri
Melakukan gerakan memupuk  dengan benar tapi sedikit ragu-ragu
Melakukan gerakan memupuk dengan sedikit arahan arahan
Tidak dapat melakukan gerakan memupuk

Rubrik Penilaian Keterampilan Matematika
No
Kriteria
1
0
1
Menyelesaikan operasi penjumlahan
1.      3 + 2 =
2.      4 + 3 =
3.      5 + 4 =
4.      5 + 5 =
5.      6 + 6 =
Menyelesaikan operasi penjumlahan dengan isi yang benar
Menyelesaikan operasi penjumlahan dengan isi yang salah
4.      Analisis hasil penilaian

No
Nama peserta didik
Nilai (Ph)
IPK belum tuntas
IPK sudah tuntas
Tindak lanjut


















5.      Program penilaian dan remedial
No
Nama peserta didik
IPK
Pengayaan / remedial
Rencana kegiatan

















Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Silahkan berikan tanggapan untuk "RPP Tematik tunagrahita kelas XII"

Post a Comment